Sunday, October 18, 2009

Tips Membuat Tombol Share on Facebook

Kompas.com, AnakUI.com, AyoNgeblog.com, dan sekarang IlmuGratisan.com sudah mengadopsi fitur Share on Facebook. Dengan mengaktifkan menekan tombol Share on Facebook, pembaca bisa menampilkan cuplikan tulisan, berita, atau artikel suatu blog/situs di akun Facebooknya.

Contohnya, kamu bisa menampilkan cuplikan ini dengan menekan tombol share on facebook. Pertanyaan utamanya adalah: Bagaimana cara membuat atau mengaktifkan fitur Share on Facebook di blog atau situs kamu?

Sebenarnya, Facebook sudah memfasilitasi hal ini. Tapi di sini saya akan membuat tutorial short cut nya saja. Agar lebih mudah :cool: .Okey, langsung saja kita mulai tips bagaimana mengaktifkan/membuat fitur share on Facebook:

1. Letakkan code/script ini di file single.php, post.php, atau file lain yang fungsinya menampilkan satu tulisan/postingan di blog.


\”Share


\”Bookmark”?>

2. Perhatikan tulisan yang dicetak tebal dalam code di atas. Maksud saya, tulisan yang ini “letakkan_url_di_sini“. Ganti tulisan tersebut dengan alamat url tulisan yang akan di-share di facebook. Gantikan “nama_situs” dengan nama situs kamu. Misalnya, nama situs ini adalah ilmugratisan.

INTERUPSI….!
Kan, tulisan yang ingin di share banyak. Apakah kita harus mengganti code tersebut dengan alamat postingan secara satu-persatu?? Tenang, jawabannya ada di langkah 3.

3. Agar hal yang ditanyakan di INTERUPSI tidak terjadi, gantikan tulisan “letakkan_url_di_sini” dengan fungsi yang bisa men-generate atau mengembalikan url setiap postingan. Kalau kamu menggunakan mesin blog wordpress, gantikan dengan .

Bagaimana? Masih bingung? Yup. Sekian dulu, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment