Monday, November 23, 2009

Bagaimana Cara Buat Blog ?

Panduan Buat Blog Gratis di Blogspot

Apa Yang Harus Di Persiapkan ?

1. Pertama-tama Anda mesti mempersiapkan account E-mail menggunakan gmail. Contoh : namaanda@gmail.com. Kemudian Anda mempersiapkan Password yang mudah Anda ingat, tapi susah di tebak oleh orang lain. Kalau belum punya account di Google bisa Anda buat dulu di http://mail.google.com/ .
2. Kemudian apa topik yang akan Anda masukkan dalam blog Anda. Kalau bisa topik yang paling Anda kuasai, misal kalau seorang Perawat bisa buat topik mengenai Kumpulan Asuhan Keperawatan, atau mungkin topik tentang artis yang sedang terkenal saat ini, atau topik yang lainnya.


Langkah-langkah membuat Blog :

1. Masuk ke BLOGGER. http://www.blogger.com/

2. Isikan Username dan Pasword Anda seperti yang Anda persiapkan sebelumnya. Contoh gambar di bawah. Kemudian klik masuk/enter ke halaman selanjutnya.
blogger


3. Kemudian Anda masuk ke Halaman 1
Create / Ciptakan account seperti gambar di bawah. Isi seluruh kolom yang diminta.
mendaftar blogger


4. Lanjut ke halaman 2
Beri Judul Blog seperti gambar di bawah. Sesuaikan judul dengan ketersediaan di Blogspot, apakah sudah ada yang memakai apa elum. Judul Blog tidak boleh ada spasi, pakai - boleh sebagai pemisah kata. Kalaupun salah atau kurang sesuai, kapanpun kita bisa mengganti judul tersebut nantinya.
Blogger+Namakan+2


5. Kemudian masuk ke Halaman 3.
Pilih Template yang anda sukai dan dirasa cocok dengan isi dan judul postingan anda. Saran saya pakai type Minima yang minimalis dan mudah dirubah kode2 javascriptnya serta relatif lebih mudah untuk eksperimen menambah nantinya. Lihat di bawah.

Blogger+Tempate+3.jpg

6. Klik Lanjut. Nah...Blog anda sekarang sudah jadi.
Blogger+Jadi+4.jpg

Nah sampai di sini maka Blog anda sudah selesai dan tinggal memasukkan postingan/artikel yang menarik tentunya. Untuk artikel mengenai Posting di Blog akan saya beri pada seri ke 2 nya segera.
Terima kasih atas perhatiannya.
Salam Sukses.

No comments:

Post a Comment