Monday, November 16, 2009

Karsinoma Tiroid

Karsinoma tiroid adalah suau kanker pada kelenjar tiroid. Ada empat macam yaitu : papiler, folikuler, meduler, dan anaplastik. Bentuk yang paling umum ( papiler dan folikuler) tumbuh secara perlahan dan bisa berulang, namun jenis ini jarang berakibat fatal pada penderita dibawah 45 tahun. Bentuk meduler juga memiliki prognosis yang baik jika hanya mengenai kelenjar tiroid saja dan prognosisnya menjadi buruk jika sudah menyebar; karsinoma tiroid anaplastik tumbuh dengan cepat dan responnya buruk terhadap radioterapi.
Nodul tiroid didiagnosa dengan FNA + USG (USG/FNA) atau seringkali dengan tiroidektomi (operasi pengangkatan disertai pemeriksaan PA). Oleh karena karsinoma tiroid dapat menyerap iodine, iodine radioaktif menjadi modalitas yang sering digunakan dalam penanganan karsinoma tiroid. Bagaimanapun ini diikuti dengan supresi TSH dengan menggunakan terapi thyroxine.

Karsinoma Tiroid Papiler
Perdebatan dalam tiroidekomi total dengan alasan :
 Mudah dimonitor dengan tiroglobulin (lebih sensitif menangkap rekurensi bila dilakukan tiroidektomi total dan ablasi tiroid normal sisa dengan radioiodin 131 setelah mendapat diit rendah iodium [LID] )
 Kemudahan mendeteksi penyakit metastasis akibat tiroid dan USG nodus leher
Karsinoma Tiroid Meduler
Tidak seperti karsinoma tiroid lain, terapi dengan radioiodin tidak terlalu berpengaruh pada jenis meduler. Penyinaran radioterapi eksternal dipertimbangkan untuk pasien resiko tinggi akan rekurensi regional, bahkan setelah penanganan bedah optimum sekalipun. Brierly dkk, menghubungkan suatu studi retrospektif mengenai terapi yang diberikan pada pasien dengan residual mikroskopik, invasi ekstragalndular, atau metastasis ke limfonodus dan ditemukan tingkat free-relaps lokoregional per 10 tahun ada 86%, dibanding dengan 52% pada pasien yang tidak mendapat terapi adjuvant.

Biasanya, diberikan 40 Gy dalam 20 fraksi pada limfonodus servikal, supraklavikular, dan atas mediastinal selama 4 minggu, dengan dosis booster 10 Gy dalam 5 fraksi pada thyroid bed, utamanya pada penanganan tipe residual gross.
Karsinoma Tiroid Anaplastik
Berbeda dari tipe lain, karsinoma tiroid anaplastik tidak dapat disembuhkan dengan bedah atau modalitas lain, dan seringkali pada kenyataannya tidak dapat direseksi karena kecenderungannya untuk menginvasi jaringan sekitarnya. Terapi paliatif terdiri atas radioterapi yang biasanya dikombinasi dengan kemoterapi.

No comments:

Post a Comment