Wednesday, November 18, 2009

Perubahan Privacy Policy Google Adsense

Sebenernya Google sudah mengupdate Privacy Policies sejak 23 Maret yang lalu, tapi baru baca kemarin. Google memang belakangan ini melakukan perubahan pada TOS dan Privacy Policy untuk Adsense, yang kelihatannya semakin ketat saja aturannya. Untuk melihat perubahan Privacy Policy silahkan tengok disini. Dengan adanya perubahan ini setiap Publisher diwajibkan untuk mengubah Privacy Policy.

Bagi yang bingung bagaian mana yang perlu di ganti, serprank.com sudah mengubah sistemnya menyesuaikan dengan Privacy Policy yang baru ini. Bagi yang belum tau serprank.com itu website apa, serprank.com merupakan website yang dapat digunakan untuk mengenerate Privacy Policy untuk Google Adsense dan program Advertising lainnya. Tinggal masukan alamat web dan email, Privacy Policy akan di genereta secara otomatis.

Updates to the program policies

Pada 28 April 2009, Google juga melakukan perubahan pada program policiesnya atau bisa disebut aturan yang mengatur tentang masalah peletakan dan pemasahan Gooogle Adsense. Ada 3 hal yang sangat penting dalam program policies yang baru.

1. Tidak boleh menformat content mirip dengan Google Adsense
Google Adsense Policy
adsense1m_e5f6eaf
2. Tidak boleh memasang Adsense sejajar dengan gambar
Google Adsense New
f_adsense2m_b0d8cc3
3. Tidak boleh memasang Adsense di bawah text yang bisa dianggap sebagai label
Google Adsense
f_adsense3m_12092c6.gif
Google tidak memperbolehkan publisher melabeli Adsense dengan kata-kata seperti Free Resources, Free Download, dll, kecuali dengan “Advertisements” atau “Sponsored Links”. Jika Adsense diletakkan di bawah judul blog post, maka bisa dianggap pelanggaran, karena judul post bisa menjadi label untuk Adsense yang dipasang.

Fix this problem

Jika harus melepas Adsense yang ada di bawah post, tentunya sayang, karena penempetan Adsense di bawah judul post baisanya mendapatkan CTR yang lumat tinggi dibandingkan tempat lain. Untuk mengatasi hal ini, bisa dilakukan dengan memasang kat “Advertisements” atau “Sponsored Links” di atas Adsense. Ada yang sudah mempraktekan solusi ini dan diterima oleh Google.

Terima dolarnya patuhi aturannya. :)

No comments:

Post a Comment